METODE TRANSPORTASI APROKSIMASI VOGEL (VAM)

000d

Oleh: M.A.Yulianto.*)

Metode Transportasi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber – sumber yang menyediakan produk – produk yang sama di tempat- tempat yang membutuhkan secara optimal. Alokasi produk ini harus diatur sedemikian rupa karena terdapat perbedaan biaya transportasi (alokasi) dari suatu sumber ke beberapa tujuan yang berbeda – beda dan dari beberapa sumber ke suatu tujuan juga berbeda – beda.

Ada tiga macam metode dalam metode transportasi:

1. Metode Stepping Stone

2. Metode Modi (Modified Distribution)

3. MetodeVAM (Vogel’s Approximation Method)

Pada sesi ini hanya akan dibahas mengenai metode transportasi dengan metode VAM, sedangkan metode Stepping Stone dan MODI sudah dibahas pada sesi tulisan sebelumnya.

Metode VAM

Teknik pengerjaan pada metode ini berbeda dengan dua metode sebelumnya yaitu metode transportasi Stepping Stone dan MODI dimana untuk mendapatkan solusi yang optimal dilakukan berulang-ulang sampai kondisi optimal tersebut terpenuhi.  Sedangkan pada metoda VAM ini, sekali kita menentukan alokasi pada satu cell maka alokasi tersebut tidak berubah lagi. Untuk mempermudah penjelasan, kita gunakan contoh yang sama seperti pada metode transportasi sebelumnya.

Suatu perusahaan mempunyai  pabrik W, H, O dengan kapasitas produksi tiap bulan masing-masing 90 ton, 60 ton, dan 50 ton.; dan mempunyai 3 gudang penjualan di A, B, C dengan kebutuhan tiap bulan masing-masing 50 ton, 110 ton, dan 40 ton. Biaya pengangkutan setiap ton produk dari pabrik W, H, O ke gudang A, B, C adalah sebagai berikut:

Langkah – langkah pengerjaan:

  1. Susunlah kebutuhan, kapasitas masing-masing sumber dan biaya pengangkutan ke dalam matriks transportasi

or21

 2.  Carilah perbedaan dari 2 biaya terkecil, yaitu biaya terkecil dan terkecil ke dua untuk setiap baris dan kolom

 3.  Pilihlah 1 nilai perbedaan- perbedaan yang terbesar diantara semua nilai perbedaaan pada kolom dan baris. Baris O mempunyai nilai perbedaan terbesar yaitu 9.  Bila nilai perbedaan biaya ada 2 yang besarnya sama, maka pilihlah baris atau kolom yang mempunyai biaya terendah.

 4.  Isilah pada salah satu segi empat yang termasuk dalam kolom atau baris terpilih, yaitu pada segi empat yang mempunyai biaya terendah. Isikan sebanyak mungkin yang bisa dilakukan.

or22

 5.  Karena baris O sudah diisi penuh sesuai dengan kapasitas, maka selanjutnya hilangkan baris O karena baris O sudah tidak mungkin diisi lagi. Kemudian tentukan kembali perbedaan biaya untuk kolom dan baris yang belum terisi. Ulangi langkah-langkah ini sampai semua baris dan kolom sepenuhnya teralokasi.

or23

Karena B mempunyai perbedaan terbesar yaitu 15, maka isilah sebanyak mungkin yang bisa diangkut pada kolom B yang mempunyai biaya terendah.

or24

Baris W mempunyai perbedaan terbesar yaitu 12 dan langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

or25

 

or26

Jadi biaya transportasi yang harus dikeluarkan:  60 (3) +30 (8) + 50 (15) + 10 (10) + 50 (10) = 1890

 

Sampai bertemu pada sesi tulisan yang lain.  Jika ada pertanyaan dapat di kirim ke alamat e-mail: yuliantoyorki@yahoo.com

*) Penulis adalah dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Jakarta.

About these ads

7 thoughts on “METODE TRANSPORTASI APROKSIMASI VOGEL (VAM)

  1. This web page is certainly as a substitute helpful considering that I am when using the second developing an online floral site irrespective of the fact that I am only commencing out like a result it is truly relatively little, nothing in any respect similar to this net web page. Can website backlink to some from the posts correct here because they are fairly. Many many thanks considerably. Zoey Olsen

    • pilih salah satu secara sembarang. namun salah satu solusi bias mendapatkan solusi yang tidak optimal. itu merupakan kelemahan metode VAM. metode VAM memang bisa memberikan solusi yang lebih cepat dibanding dengan dua metode transportasi lainnya, namun metode ini mempunyai kelemahan jika beda baris terbesarnya ada lebih dari satu yang sama.

  2. Pingback: METODE TRANSPORTASI | nungkidyah

  3. kalau materi ini ga ada di suruh mencari biaya maksimum atau minimum yaa??
    kalau ada perbedaan dalam mencarinya dimananya yaa??

  4. Pingback: Metode Transpprtasi | daudbinisai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s