TEORI DAN LATIHAN REGRESI VOL.3

Oleh: M.A.Yulianto, M.Sc.

Regresi berganda (Multiple regression)

Model regresi linier berganda dengan (k-1) variabel bebas adalah sebagai berikut:

Jika dalam uji koefisien regresi secara simultan keputusannya adalah menolak Ho, maka uji koefisien regresi secara parsial perlu dilakukan untuk melihat variabel bebas mana saja yang mempengaruhi variasi dari variabel respon.  Hasil dari pengujian secara parsial akan memberikan kesimpulan sedikitnya ada satu variabel bebas yang mempunyai hubungan linier dengan variabel respon. Jika dalam uji koefisien regresi secara simultan keputusannya adalah menerima Ho, maka uji secara parsial tidak perlu dilakukan.

Multikolinieritas (Multicollinearity)

Dalam analisa regresi berganda, salah satu yang sering menjadi perhatian adalah keeratan hubungan antara variabel-variabel bebasnya. Ketika variabel bebas berkorelasi diantara mereka dikatakan terjadi intercorrelation atau multikolinieritas (multicollinearity).

Permasalahan bila terjadi multikolinieritas :

  1. Koefisien regresi akan berubah dengan menambah atau mengurangi varibel bebas.
  2. Koefisien regresi secara individu mungkin tidak lagi  signifikan secara statistik, meskipun ada hubungan secara statistik antara variabel tidak bebas dengan seluruh variabel bebas dalam model .
  3. Interpretasi koefisien regresi  sebagai ukuran perubahan nilai variabel tidak bebas ketika variabel bebas yang berhubungan naik satu unit ketika variabel bebas lainnya konstan tidak sepenuhnya bisa diterapkan ketika terjadi multikolinieritas.

Mendeteksi multikolinieritas dengan VIF

(variance inflation factor)

Perbaikan akibat adanya multikolinieritas dalam model dapat dilakukan dng beberapa cara:

  1. Mengeluarkan satu atau beberapa variabel bebas yang menyebabkan terjadinya  multikolinieritas dari model
  2. Kadang-kadang bisa dengan menambah sampel untuk menghilangkan pola multikolinieritas
  3. Dengan transformasi variabel yaitu dengan principal component atau dengan ridge regression

Ridge Regression adalah salah satu metoda yang dapat digunakan untuk mengatasi adanya multikolinieritas.

Latihan:

Sebuah perusahaan yang memproduksi barang-barang rumahtangga ingin mengukur keefektifan media iklan yang berbeda dalam promosi produknya.  Perusahaan tertarik pada keefektifan promosi melalui radio dan suratkabar. Sebuah sampel dari 22 kota dipilih untuk studi selama satu bulan periode penelitian. Setiap kota dialokasikan pengeluaran baik untuk promosi melalui radio maupun suratkabar, kemudian hasil penjualan produknya dicatat untuk kedua media iklan tersebut (data dalam jutaan Rp.). hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah persamaan regresi berganda.
  2. Ujilah keberartian model baik secara simultan maupun parsial, berikan kesimpulan saudara.
  3. Selidikilah apakah ada pelanggaran asumsi kolinieritas data.

(untuk setiap uji gunakan tingkat keyakinan 95%)

SELAMAT BERLATIH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s