KORELASI KENDALL Tau

  

Oleh:  M.A.Yulianto.*)

Korelasi Kendall Tau merupakan statistik nonparametrik.  Korelasi ini digunakan pada data sama seperti data yang digunakan pada korelasi spearman yaitu sekurang-kurangnya data ordinal. Simbol yang biasa digunakan pada ukuran populasinya adalah (tau) dan ukuran sampelnya adalah T . Formula  T  adalah sebagai berikut:

dimana:

S  adalah total skor seluruhnya (grand total), yang merupakan jumlah skor urutan

kewajaran pasangan data pada salah satu variabel. Jika urutan ranking wajar diberi skor

+1, jika urutan ranking tdk wajar diberi skor –1.  N  adalah banyaknya pasangan ranking.

Pada contoh ini, ranking pada variabel X yang diurutkan sehingga ranking pada variabel Y mengikuti dan akan dicari nilai skor sebenarnya (S).

Mencari nilai S (lihat ranking Y):

Penggunaan formula korelasi kendall T dapat dikoreksi jika data yang digunakan banyak terdapat angka sama yang berarti juga mempunyai ranking yang sama (untuk angka sama, ranking dirata-ratakan). Formula dikoreksi menjadi:

nilai dari T dan rs tidak sama, walaupun dihitung dari pasangan ranking yang sama, sehingga kedekatan hubungan (asosiasi) variabel tidak bisa dibandingkan antara nilai T dan rs . nilai rs biasanya lebih besar dari nilai T.  namun demikian ada hubungan antara dua ukuran tersebut, yaitu:

contoh 3: (lihat data pada contoh korelasi spearman)

Sampai bertemu pada sesi tulisan yang lain, selamat menikmati statistik.

Jika ada pertanyaan dapat di kirim ke alamat e-mail:  yuliantoyorki@yahoo.com

*)  Penulis adalah dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Jakarta.

23 thoughts on “KORELASI KENDALL Tau

  1. pak bagaimana cara menentukan urutan ranking wajar diberi skor
    +1, jika urutan ranking tdk wajar diberi skor –1.ranking wajar maksudnya apa ya

    • jika urutan ranking dari nilai yang lebih kecil kemudian ke nilai yang lebih besar, maka urutan ranking tersebut dikatakan wajar, misal dari 2 ke 3, 3 ke 6 dst. jika urutan dari nilai yang lebih besar ke nilai yang lebih kecil, maka urutan ranking tersebut dikatakan tidak wajar, misal dari 3 ke 2, 6 ke 5 dst.

  2. pak bagaimana cara menghitung secara bersama-sama hubungan antara 3 variabel yaitu X1 dan X2 dengan Y ? trimakasih

    • untuk mendapatkan besar hubungan antara 3 variable x1 dan x2 dengan Y, anda bias mencari nilai R kuadrat kemudian diakarkan, tetapi nilai R (hubungan) yang didapat tidak mempunyai arti apapun. jadi sebaiknya hanya sampai nilai R kuadrat yang sekaligus menggambarkan besar pengaruh x1 dan x2 terhadap Y.

  3. Terima kasih pak, sangat membantu. maaf pak saya mau tanya koreksi kan digunakan jika data terdapat data yang sama cukup banyak.., nah ukuran banyak itu seberapa ya?? sama dalam buku sidney siegel setelah contoh angka sama dituliskan bahwa akibat koreksi untuk angka sama itu relatif kecil, jadi seberapa pentingkah kita gunakan koreksi itu pak?? maaf jika terlalu banyak bertanya.., sebelumnya terima kasih

      • Biasanya , kalau untuk uji hipotesis rata-rata dan populasi kan untuk mengetahuinya lewat kata LEBIH DARI , KURANG DARI (untuk satu arah) , terus SAMA DENGAN (umtuk dua arah) , namun yang saya bingungkan atau belum paham jika hal itu diterapkan pada Korelasi Kendall tau apakah sama atau tidak ? karena di soal tidak ada keterangan seperti itu, mohon penjelasannya . terimakasih

  4. Hey just wanted to give you a quick heads up. The words in your post seem to be running
    off the screen in Ie. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with browser compatibility
    but I figured I’d post to let you know. The design and
    style look great though! Hope you get the issue solved soon. Thanks

  5. Saya ingin bertanya, Pak.

    Saya melakukan penelian asosiatif dengan 7 variabel independen dan 1 variabel dependen. Jumlah responden 242 dengan total item pertanyaan sebanyak 43 items. Apakah sebaiknya saya menggunakan korelasi kendall tau atau korelasi spearman?

    Mohon bantuannya, Pak. Terima kasih.

    • tergantung skala data yang putri gunakan. jika data berskala ordinal maka putri bisa gunakan salah satu jenis korelasi yang putri sebutkan. saran bpk sebaiknya gunakan korelasi Spearman karena lebih mudah pengerjaannya.

  6. selamat siang pak, bolehkah minta email bapak, saya bertanya tentang uji korelasi kendal ini karena saya sudah menguji analisa data saya dengan menggunakan uji chi square namun hasil nya tidak bermakna
    apa saja syarat uji kendal , adakah referensi buku tentang kendal tau ini pak? penelitian saya ber skala ordinal..terima kasih

  7. jika datanya interval namun tidak berdistribusi normal, pengujian hipotesis menggunakan korelasi kendall tau apa spearman?

    • jika datanya interval namun tidak berdistribusi normal, tika dapat menggunakan salah satu jenis korelasi tersebut. secara pengerjaan, korelasi Spearman lebih praktis dibanding korelasi Kendall Tau.

  8. Assalmu’alaikum pak, pak mau tanya, saat ini saya sednag menyusun tesis tentang hubungan penguasaan konsep dengan efikasi diri. penguasaan konsep saya ukur menggunakan skor nilai tes, dan efikasi menggunakan skala likert, dengan 4 skala(SS, S, CS, TS). pada rumusan masalah tesis saya saya juga mengukur perbedaan peningkatan efikasi diri antara kelas eksp dan kontrol. yang ingin saya tanyakan pak,
    pertama, untuk menganalisis penigkatan efikasi secara signifikan menggunakan uji apa ya pak? apa boleh hanya dibandingkan rata-ratanya saja?
    kedua, untuk menguji hubungan penguasaan konsep dan efikasi diri menggunakan uji apa pak? saya membaca jika ada dua data skala yang berbeda, uji statistik menggunakan uji skala terendah, dalam kasus saya berarti efikasi yang memiliki skala yang terendah, apakah benar jika menggunakan uji kendall tau? atau uji apa pak? mohon bantuannya sebelumnya pak

    • Wa’alaikumsalam Desy, penggunaan data dengan skala likert bisa gunakan analisis parametrik atau nonparametrik. jika data jumlah yg digunakan maka bisa gunakan analisis parametrik, kalo ingin melihat hubungan kedua variabel maka bisa gunakan korelasi Pearson. jika data individu yg digunakan maka bisa gunakan analisis nonparametrik, misal dengan korelasi Kendal Tau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s